MEMBUAT RAPORT OTOMATIS MELALUI MICROSOFT EXCEL
MEMBUAT
RAPORT OTOMATIS MELALUI MICROSOFT EXCEL
Assalamualaikum.wr.wb
Selamat datang para pembaca setia, kali
ini saya akan sharing dari kegiatan perkuliahanku dengan Dosen Resti Yektyastuti, M.Pd mengenai pembuatan raport otomatis
melalui Microsoft Word. Tentunya pembuatan raport secara manual akan
membutuhkan waktu yang cukup lama dan menguras tenaga. Oleh karena itu dengan
perkembangan zaman yang semakin modern saya akan menggunakan Ms.Excel untuk
menginput data raport dan tentunya sangat mudah. Disini kita akan menggunakan
rumus VLOOKUP fungsi rumus VLOOKUP disini digunakan untuk menampilkan data dari
sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisannya =VLOOKUP
(lookup_value,table_array,col_index-num) atau bisa juga dibaca =VLOOKUP(Nilai
kunci,letak table,nomor kolom). Berikut langkah-langkah menggunakan rumus
Vlookup dalam pembuatan raport otomatis .
1. Buatlah form untuk nilai raport siswa seperti dibawah ini pada sheet ke3
1. Buatlah form untuk nilai raport siswa seperti dibawah ini pada sheet ke3
2. Membuat Leger seperti ini pada sheet ke2, jika ada mata pelajaran yang lain bisa ditambahkan pada kolom tebel.
3.
Kemudian
buat data validation untuk mengisikan NIS di jadikan patokan untuk semua
data-data yg akan di masukkan. Sourcenya dari ledger dan dari cell semua nama
siswa di sheet ledger.
4. Maka hasilnya akan seperti ini
6 Kemudian mengisi nama siswa menggunakan rumus VLOOKUP
=VLOOKUP(D5;leger;2)
Keterangan:
D5 = cell patokan (Nama)
Leger =
nama sheet yang berisi data-data siswa
2 = adalah letak kolom ‘terdapat di
kolom berapa nama siswa tersebut’.
7
Kemudian
memasukkan nilai di setiap mata pelajaran dengan rumus VLOOKUP. Caranya sama saja
hanya yg berbeda adalah letak data nya yang
terdapat di cell berapa.
9. Kemudian
mengisikan nilai hurufnya dengan cara VLOOKUP dari sheet konversi .
Beikut hasil VLOOKUP dari hasil
tabel Konverensi.
10 Mengisi keterangan dengan rumus IF . Apabila nilai kurang dari 77 maka keterangannya KURANG jika nilai sama dengan dari 77 maka keterangannya BAIK, kemudian jika Lebih dari 77 atau KKM yang ditentukan maka keterangannya SANGAT BAIK.
Keterangan
:
Kata
BAIK,CUKUP,dan SANGAT BAIK pada Predikat dapat diganti dengan kata yang lain
dan disesuaikan tanpa mengubah rumus.
Rumus nya sebagai berikut =IF(D11<C11;"KURANG";IF(D11=C11;"BAIK";"SANGAT
BAIK"))
Nah
sekarang aplikasi raport sudah berhasil di buat. Untuk penambahan data bisa di input
pada Form ledger. Intinya pada pembuatan raport menggunakan Ms Exel dengan
perintah Vlookup ini dapat memudahkan
para guru untuk pembuatan raport. Cara kerjanya yaitu Data dari ledger dapat di
input ke form raport dengan perintah Vlookup. Selamat mencoba.
www.unida.ac.id
Terimakasih telah membantu, semoga ilmunya semakin bermanfaat
BalasHapusSangat bermanfaat banget nih buat guru, makasih ida
BalasHapusBagus nih buat pemula, mksh informasinya
BalasHapusSangat bermanfaat nihh
BalasHapus